Microsoft Word merupakan bagian dari MS Office yang khusus berfungsi
sebagai text editor (program aplikasi yang digunakan untuk mengolah teks).
Masuk dan Keluar MS Word
Ada beberapa cara untuk menjalanka Word, di antaranya melalui start button:
1. Jalankan MS Windows.
2. Setelah masuk ke Windows, klik start button
3. Pilih Programs.
4. Klik Microsoft Word
Untuk keluar Word juga ada beberapa, di antaranya adalah melalui menu File:
1. Klik File.
2. Klik Exit atau tekan tombol x
Menghapus Teks
Di atas telah dijelaskan cara menghapus karakter yang telah ditulis (tombol backspace
atau del), namun jika karakter yang akan dihapus cukup banyak, misalnya 1 paragraf, cara di atas sangatlah lama. Untuk itu, dapat digunakan cara berikut:
1. Blok bagian yang akan dihapus.
2. Tekan tombol delete pada keyboard.
Meng-copy Teks
Jika suatu teks akan ditulis lagi pada bagian lain, maka untuk mempermudah dan
mempercepat proses penulisan ulang (peng-copy-an), dapat digunakan cara berikut:
1. Blok bagian yang akan dipindahkan.
2. Klik menu Edit, kemudian klik Copy.
atau
Klik kanan, kemudian klik Copy
Save, Close, Create, Open File
Save File
Untuk menyimpan file:
1. Klik File.
2. Klik Save As, akan muncul dialog box seperti gbr. 3.
3. Klik kotak Look in, kemudian klik drive/tempat di mana file tersebut akan
disimpan, kemudian akan muncul daftar file dan directory pada kotak yang di
bawahnya. Klik directory yang sesuai hingga ditemukan tempat di mana file
tersebut akan disimpan. Ketikkan nama file pada File Name, kemudian klik
Save
Print Preview
Sebelum mencetak dokumen, untuk memastikan dahulu bahwa hasil cetaknya nanti
akan sesuai dengan keinginan, maka pengguna dapat melihat tampilan tercetaknya
pada layar monitor terlebih dahulu. Caranya adalah:
1. Pada dikumen yang akan dicetak, klik menu File.
2. Klik Print Preview (akan tampil dialog box seperti gbr. 18).
3. Jika tampilan di sini sudah sesuai dengan keinginan, berarti hasil cetaknya (di
kertas) juga akan sesuai.
4. Untuk kembali ke tampilan dokumen, klik tombol Close
Help
Untuk mencari bantuan pada MS Office, khususnya MS
Word ada
beberapa cara:
− Ketika Office Assistant tampak pada layar:
1. Klik Office Assistant (akan muncul dialog box seperti
gbr. 20).
2. Ketikkan kata kunci yang akan dicari pada kotak What
would you like to do?
3. Klik search.
4. Dialog box tersebut kemudian akan menampilkan
beberapa pilihan mengenai topik yang diminta.
5. Untuk melihat bantuan dari salah satu pilihan yang
ditampilkan, pengguna perlu men-dobel klik pilihan
tersebut. Kemudian akan tampil window yang berisi
informasi mengenai hal tersebut
Rafika Dwi P.
X – 6 / 31
SMA Negeri 3 Sidoarjo
Posting Komentar